POTENSI ARKEOLOGI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI HOVONGAN, KABUPATEN KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT (ARCHAEOLOGICAL POTENTIAL IN THE HOVONGAN RIVER BASIN, KAPUAS HULU REGENCY, WEST KALIMANTAN)

BPA VOL 12 SEPTEMBER 2018_Page_01Abstrak. Daerah Aliran Sungai (DAS) Hovongan telah memunculkan entitas budaya masyarakat hulu sungai. Manusia yang mendiami daerah ini beradaptasi dengan lingkungan hutan hujan tropis berkapur (limestone forest). Penelitian arkeologi berusaha mengungkap persebaran situs dan aktivitas budaya pada hunian masa lalu di DAS Hovongan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan observasi dan pemetaan situs di Bukit Kahung dan […]Read More »

TRADISI DAN PERALATAN TRADISIONAL MASYARAKAT DAYAK BAWO DI KABUPATEN BARITO SELATAN, KALIMANTAN TENGAH

Abstrak. Di pedalaman wilayah administratif Kabupaten Barito Selatan ditemukan sejumlah tinggalan arkeologi berupa keriring, tebela, dan balontang. Masyarakat penghuni Cekungan Barito bagian utara meyakini bahwa tinggalan tersebut milik masyarakat Bawo. Informasi tentang masyarakat Bawo sangat minim, karena populasinya sedikit, nomaden dan menyendiri. Bertolak dari informasi tersebut, maka dilaksanakan penelitian survei-eksploratif yang difokuskan pada identitas, karakteristik, […]Read More »

TATA KOTA ERA KOLONIAL TARAKAN, KALIMANTAN TIMUR

Abstrak. Salah satu kota di Kalimantan Timur yang dibangun oleh Belanda sebagai infrastruktur tambang minyak adalah Tarakan. Unsur tata kota Tarakan dipengaruhi oleh semangat revolusi industri Eropa, sehingga membuatnya berbeda dengan tata kota urban tradisional Nusantara. Pola pikir arsitek Belanda yang dilatar belakangi kepentingan pertambangan minyak bumi, tidak lagi dikaitkan dengan unsur magisreligius, tetapi lebih […]Read More »

KEPURBAKALAAN ISLAM DI SINTANG DAN KETAPANG, KALIMANTAN BARAT

Abstrak. Sintang dan Ketapang merupakan dua daerah yang berbeda fisiografisnya, namun sama-sama mengandung tinggalan arkeologis yang melimpah. Penelitian di Sintang dan Ketapang ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi lengkap potensi arkeologi Islam di Kabupaten Sintang dan Ketapang di Provinsi Kalimantan Barat. Sasaran penelitiannya adalah bangunan atau struktur, pemukiman, dan toponimi. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif-deskriptif yang […]Read More »

KARAKTERISTIK BUDAYA SITUS GUA GUNUNG KOMBENG

Abstrak. Sejumlah arca batu ditemukan di antara fragmen struktur batu dalam Gua Gunung Kombeng di hutan hujan tropis terpencil di Muara Wahau. Patung-patung ini awalnya dilaporkan oleh Bosch dalam bukunya yang berjudul Midden-Oost Borneo pada 1927 dan diidentifikasi sebagai pantheon Hindu. Tradisi lisan Salasilah Kutai menyebutkan bahwa pernah ada Kerajaan Hindu di Daerah Aliran Sungai […]Read More »

Older Entries »