Kegiatan Hari ke-2 (3 Oktober 2018)

Kegiatan hari kedua ini terdiri dari seminar dan workshop pembuatan talun dan kuden tana.

Seminar

Seminar ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 3 Oktober 2018, di Desa Long Bawan. Seminar bertajuk Penguatan Karakter Budaya di Kawasan Perbatasan diharapkan dapat memunculkan gagasan-gagasan mengenai pemajuan kebudayaan dan peradaban. Pembicara dalam seminar antara lain Bapak Serfianus, S.IP (Kepala Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan), Bapak Heidy Surachman (Kepada Bidang Pengembangan Hasil Penelitian Pusat Penelitian Arkeologi Nasional), Dwi Yani Yuniawati (Peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta), Bapak Tirza Galih (Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur), dan Bapak Dwi Cahyono (Dosen Universitas Negeri Malang).

Pemateri

DSCF2612

Pemaparan

Heidy Surachman (Kepada Bidang Pengembangan Hasil Penelitian Pusat Penelitian Arkeologi Nasional)

DSCF2582

Bapak Serfianus, S.IP (Kepala Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan)

DSC_0021

Dwi Yani Yuniawati (Peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta)

DSCF2605

Bapak Tirza Galih (Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur)

DSC_0059

Bapak Dwi Cahyono (Dosen Universitas Negeri Malang)

DSC_0057

Diskusi

DSCF2591 DSCF2595

Workshop Pembuatan Gerabah dan Kain Kulit Kayu

  • Gerabah merupakan wadah dari tanah liat. Wadah ini digunakan sejak masa prasejarah. Tradisi pembuatan gerabah (kuden tana’) juga berkembang di kawasan Krayan. Namun, seiring berlangsungnya waktu tradisi ini juga mengalami kepunahan. Melalui workshop pembuatan gerabah diharapkan pengetahuan teknologi tradisional akan tetap lestari.
  • Tradisi pembuatan kulit kayu berlangsung sejak masa prasejarah hingga kini. Tradisi tersebut masih berlangsung di beberapa tempat di Indonesia khususnya Krayan. Tujuannya untuk melestarikan tradisi leluhur sebagai bentuk kepedulian akan kearifan lokal.

Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 3—6 Oktober 2018 bertempat di Rumah Kubu, Lokasi Terang Baru. Peserta workshop sebanyak 20 orang terdiri dari siswa SMUK 10 orang dan siswa SMK 10 orang. Kemudian peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu satu kelompok untuk membuat gerabah dan satu kelompoknya lagi membuat kain kulit kayu. Mentor dalam workshop ini adalah Bapak Rochtri Agung Bawono (Dosen dari Universitas Udayana).

Pembuatan Gerabah

DSCF4854

Pembuatan Kulit Kayu

DSCF4855

Mentor

DSCF4801

 

Filed under: Rumah Peradaban

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!